Masirvan.my.id

Pemecahan Masalah Aplikasi Mac yang Beku

Apakah salah satu app Anda berhenti merespons saat Anda bekerja di Mac? Mungkin Anda mencoba menutup atau keluar dari aplikasi tetapi tidak berhasil? Ini dapat terjadi dari waktu ke waktu ketika aplikasi membeku atau menjadi tidak responsif, dan meskipun membuat frustasi, ada banyak cara untuk memperbaiki aplikasi yang dibekukan dengan mudah di Mac.

MacOS bekerja dengan lancar tanpa hambatan untuk sebagian besar, tetapi terkadang aplikasi mungkin benar-benar berhenti dan berhenti merespons masukan pengguna atau tindakan Anda. Hal ini dapat terjadi karena sejumlah alasan ketika aplikasi berhenti merespons, apakah aplikasi bermasalah, kelebihan beban, beberapa komponen aplikasi tidak berfungsi, aplikasi berjalan pada perangkat lunak sistem beta, atau tanpa alasan yang jelas sama sekali. Terlepas dari itu, ada beberapa hal yang dapat Anda coba agar aplikasi berfungsi dengan baik lagi.

Jika Anda tidak dapat membuat app yang dibekukan berfungsi dengan benar di Mac Anda, baca terus untuk mempelajari beberapa tip untuk memecahkan masalah dan menangani app yang membeku di mesin macOS.

Memecahkan Masalah Aplikasi yang Beku & Tidak Merespons di Mac

Mari kita lihat langkah-langkah pemecahan masalah dasar yang dapat Anda ikuti setiap kali salah satu aplikasi yang diinstal di Mac Anda macet, macet, atau tidak responsif.

1. Tutup Paksa Aplikasi

Anda mungkin telah mencoba menutup jendela aplikasi tetapi itu tidak benar-benar menutup aplikasi di Mac Anda, dan aplikasi itu sendiri mungkin masih berjalan, dan tentu saja jika dibekukan kemudian mencoba melakukan apa pun dengan aplikasi tersebut mungkin tetap tidak responsif. Anda dapat mengonfirmasi ini dengan mencari titik kecil tepat di bawah ikon aplikasi di Dock Mac Anda. Oleh karena itu, Anda harus memaksa keluar dari aplikasi dan ada lebih dari satu cara untuk menyelesaikannya. Perhatikan bahwa dengan menutup aplikasi secara paksa, semua data yang belum disimpan di aplikasi tersebut dapat hilang.

Klik logo Apple dari menu bar dan pilih “Force Quit” dari menu dropdown. Ini akan membuka jendela tempat Anda dapat memilih aplikasi yang ingin ditutup paksa.

Cara yang lebih mudah untuk mengaksesnya adalah dengan menggunakan pintasan keyboard Option + Command + Esc.

Pemecahan Masalah Aplikasi Mac yang Beku

Sebenarnya ada sejumlah cara berbeda untuk memaksa keluar dari aplikasi Mac, jadi jika pendekatan ini tidak berhasil untuk Anda atau Anda hanya ingin mempelajari lebih lanjut, periksa juga.

2. Luncurkan Ulang Aplikasi

Sekarang setelah Anda berhasil menutup paksa aplikasi, Anda dapat mencoba meluncurkan kembali aplikasi dan melihat apakah itu berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya (biasanya memang demikian).

Jika tidak berhasil pada upaya pertama, klik kanan atau Control-klik ikon aplikasi dari Dock dan pilih “Quit”, boot ulang Mac, lalu coba lagi. Buka aplikasi lagi dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Aplikasi seharusnya berjalan normal saat ini, tetapi jika tidak, mungkin ada masalah lain, atau mungkin aplikasi itu sendiri perlu diperbarui ..

Pemecahan Masalah Aplikasi Mac yang Beku

3. Perbarui Aplikasi

Jika Anda baru saja memperbarui macOS ke versi terbaru yang tersedia, mungkin beberapa app belum diperbarui untuk versi macOS tersebut, atau dioptimalkan untuk berjalan dengan baik di firmware atau perangkat keras baru (misalnya, app lama yang berjalan di Apple Silicon Mac ). Dalam kasus seperti itu, Anda dapat memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi Anda.

Buka “App Store” di Mac Anda dari Dock dan klik “Updates” di panel kiri. Di sini, Anda seharusnya dapat melihat semua pembaruan aplikasi yang tersedia. Jika ada pembaruan untuk aplikasi yang Anda hadapi masalah, instal dan luncurkan aplikasi untuk melihat apakah itu berfungsi dengan baik.

Pemecahan Masalah Aplikasi Mac yang Beku

Perhatikan jika aplikasi diunduh langsung dari situs web pengembang pihak ketiga dan bukan dari App Store, memperbarui aplikasi Mac mungkin berbeda. Hal ini biasa terjadi pada beberapa aplikasi dari Adobe, Google, Microsoft, serta pengembang dan vendor yang lebih kecil juga. Beberapa aplikasi memiliki mekanisme pembaruan bawaan, sementara yang lain meminta Anda mengunjungi situs web mereka untuk menginstal versi terbaru (VirtualBox, misalnya).

4. Reboot Mac Anda

Jika aplikasi masih tidak merespons, bahkan setelah Anda keluar dan meluncurkannya kembali, jangan menyerah dulu. Hal lain untuk dicoba adalah dengan memulai ulang Mac Anda. Anda mungkin menganggap langkah ini konyol, tetapi sebagian besar bug dan gangguan terkait perangkat lunak kecil dapat diselesaikan dengan me-reboot perangkat Anda. Ada lebih dari satu cara untuk me-reboot Mac Anda, tetapi mungkin yang paling sederhana adalah dengan opsi menu Apple.

Anda dapat mengklik logo Apple dari menu bar dan memilih “Restart” dari menu dropdown.

Atau, Anda dapat menahan tombol daya di Mac untuk membuka menu matikan tempat Anda juga akan menemukan opsi untuk memulai ulang perangkat Anda.

Pemecahan Masalah Aplikasi Mac yang Beku

5. Periksa Pembaruan Perangkat Lunak Sistem Mac

Jika tidak ada langkah pemecahan masalah di atas yang menguntungkan Anda, Anda dapat memeriksa apakah Anda memiliki pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk Mac Anda dan menginstalnya.

Cukup buka System Preferences -> Software Updates di Mac Anda untuk melihat apakah ada firmware baru.

6. Batalkan pendaftaran dari Beta

Jika Anda menggunakan track perangkat lunak sistem beta untuk macOS, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan build publik yang stabil. Perangkat lunak sistem beta terkenal kurang stabil dibandingkan versi final, dan mungkin itulah sebabnya aplikasi Mac macet di tempat pertama. Anda dapat membatalkan pendaftaran Mac Anda dari beta dan menginstal versi final berikutnya kapan pun tersedia.

7. Hubungi Pengembang Aplikasi

Masih tidak dapat menemukan solusi untuk pembekuan aplikasi? Anda mungkin perlu menghubungi pengembang aplikasi. Jika app tidak merespons karena masalah dengan versi app tertentu atau ketidakcocokan dengan versi macOS saat ini, mungkin pengembang perlu mengeluarkan pembaruan sebelum Anda dapat membuatnya berfungsi kembali.

8. Apakah Anda sendiri? Teliti Masalah Aplikasi

Terkadang pengguna lain mengalami masalah yang sama dengan aplikasi yang membeku dan Anda tidak sendiri, dan ini dapat menawarkan solusi atau mengarah pada apa masalahnya. Menggunakan pencarian web (Google, DuckDuckGo, dll) untuk mencari hal-hal seperti “pembekuan (nama aplikasi)” dapat membantu.

Selain itu, melalui forum publik aplikasi untuk melihat apakah orang lain menghadapi masalah serupa juga dapat menjadi sumber yang berguna, baik di forum Dukungan Apple, atau di tempat lain.

9. Apakah itu terkait sistem?

Jika Anda merasa masalahnya ada pada macOS dan bukan aplikasinya, Anda dapat menghubungi Dukungan Apple atau berbicara dengan agen langsung di Apple untuk bantuan lebih lanjut.

Namun, sebagian besar masalah aplikasi tidak terkait dengan perangkat lunak sistem Mac itu sendiri, meskipun selalu ada kemungkinan.

Kami harap Anda berhasil menyelesaikan masalah aplikasi yang dibekukan dan membuat aplikasi Mac berfungsi dengan baik kembali seperti yang diinginkan. Manakah dari metode pemecahan masalah yang kita diskusikan di sini yang berhasil untuk Anda? Apakah Anda menemukan solusi lain untuk menyelesaikan aplikasi Mac yang tidak merespons? Bagikan pengalaman pribadi, tip, saran, dan saran Anda di bagian komentar.

.

fotografer indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *